Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017

Kamis, 04 Mei 2017


Hari Pendidikan Nasional atau sering kita sebut Hardiknas, diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara sebagai Pahlawan Nasional yang dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia. Hardiknas tahun 2017 mengambil tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”. Selasa, (02/05/2017) menjadi puncak peringatan Hardiknas Tahun 2017, diperingati dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan  di Lapangan Puputan Nitimandala Renon, Denpasar. Upacara bendera di ikuti oleh PNS dari Organisani Perangkat  Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan provinsi Bali,  Perwakilan PNS di lingkungan Pemerintahan Kota Denpasar, Perguruan Tinggi, Sekolah se-Kota Denpasar dan Para Undangan dari instansi terkait berlangsung dengan hikmat meski pelaksanaan Upacara Bendera diguyur hujan.

    

Wakil Gubernur Bali bertindak sebagai inspektur Upacara, dalam Pidato Menteri  Pendidikan Dan Kebudayaan pada Upacara Hari  Pendidikan  Nasional 2 Mei 2017 yang beliau bacakan, tema Hardiknas tahun 2017 “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas” terkait  erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut  kualitas  semakin  tinggi.  Untuk  itu  marilah  kita  resapi  dan  renungi  tema tersebut,    kemudian  kita  wujudkan  bersama-sama.    Dengan  begitu  maka  seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan  pendidikan  berkualitas  yang  merata,  dalam  makna  dapat  dikenyam  oleh seluruh warga bangsa,  maka ikhtiar kita mencerdaskan  kehidupan  bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, dapat terwujud.

Wakil Gubernur saat diwawancarai, seusai Upacara Peringatan Hardiknas dilaksanakan, mengatakan untuk mengwujudkan pendidikan yang berkualitas, peningkatan sarana prasarana pendidikan harus ditingkatkan sehingga pelayanan pendidikan menjadi lebih baik, disamping itu sumberdaya pendidik dan dan sumberdaya yang dididik juga harus ditingkatkan. Untuk meningkatkan sumberdaya pendidik yang berkualiatas tidak lain dengan meningkatkan kualitas jati diri pendidik itu sendiri dengan mendorong pendidik yang belum sarjana (S1) bisa meningkat, pendidik yang sudah S1 bisa menjadi S2, yang sudah S2 bisa meningkat lagi menjadi S3, sehingga menjadi ahli dibidangnya, dengan demikian saat proses pemberian teori dan praktek dapat diterima oleh anak didik dengan baik. Kemudian anak didik perlu diajarkan budi pekerti, etika dan sopan santun agar bisa menyerap sajian teori  yang diberikan pendidik. Dari sisi pemerataan pendidikan beliau menjelaskan bahwa diperlukannya kajian yang komperhensif dimasing-masing Kabupaten/Kota mana pendidikan yang kurang bisa kita tinggkatkan dari pembangunan infrastruktur dan sumberdayanya.

   

    

Sebagai penutup acara Marching Band dari siswa-siswi SMA/SMK Negeri Bali Mandara menampilkan aksinya dengan membawakan tiga buah lagu yang dikemas apik dalam gerak dan nada.

Informasi