Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) tentang Ujian Nasional 2017

Senin, 17 April 2017


Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) yang digelar pada hari Minggu, 16 April 2017 berlangsung dengan meriah dan mengundang perhatian masyarakat yang berolahraga pagi di lapangan Renon Denpasar pada hari ini.

Dalam acara PB3AS pagi hari ini menampilkan SMKN 2 Denpasar yang mengisi acara dengan pertunjukkan musikalisasi puisi dan pantomim yang dilanjutkan dengan orasi dari perwakilan siswa SMKN 2 Denpasar, Ni Made Satya Risma Devi. Dalam orasinya yang bertema SMK Bisa, bahwa SMK adalah sekolah yang setara dengan SMA dimana lulusan SMK adalah lulusan yang siap kerja atau sebagai wirausaha. Selain itu, SMK memiliki keunggulan pada jam pelajaran yang lebih banyak yang tidak hanya memberikan teori tetapi juga dalam pelajaran praktikum baik di sekolah maupun di industri sehingga lulusan SMK akan siap untuk kerja atau menjadi wirausaha.

Orasi pada acara PB3AS ini juga diisi oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali yaitu Kepala UPT Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan dan Tugas Perbantuan (BPTEKDIK&TP) yang menjelaskan bahwa Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dilaksanakan oleh pemerintah guna untuk mengukur tingkat kompetensi siswa sesuai dengan standar nasional. Sesuai dengan pelaksanaan Ujian Nasional tahun lalu, pada tahun ini Ujian Nasional dilaksanakan dengan 2 metode, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).  Terpisah ditambahkan, sekolah yang memiliki peralatan komputer yang memadai dapat melaksanakan UNBK secara mandiri, jika belum memadai dapat bergabung pelaksanaan UNBK dengan sekolah lain atau dapat melaksanakan Ujian Nasional dengan metode UNKP. Selain itu sekolah penyelenggara ujian nasional adalah sekolah yang telah terakreditasi.



Informasi