Oracle Education Foundation Bersama Dengan Disdikpora Prov. Bali Mengembangkan Pendidikan Online

Jumat, 15 Oktober 2010

Disdikpora Bali dan Oracle Education Foundation ( OEF ) menandatangani sebuah perjajian kerjasama untuk menyediakan ThinkQuest Projects bagi 30.000 siswa dari 300 sekolah negeri dan swasta dalam dua tahun mendatang. ThinkQuest adalah platform pembelajaran online yang aman yang dapat membantu siswa mengembangkan ketrampilan – ketrampilan penting abad 21 seperti komunikasi, berpikir kritis dan ketrampilan di bidang teknologi.

Didalam ThinkQuest Projects , siswa dan guru dapat mengembangkan proyek pembelajaran berbasis web dan terlibat dalam kolaborasi global. OEF akan menggulirkan 4 sesi pengembangan profesional menggunakan ThinkQuest Projects untuk melatih 160 guru tentang bagaimana mengintegrasikan teknologi , proyek pembelajaran dan pengembangan ketrampilan abad 21 ke dalam kurikulum kelas. Sebagai tambahan sebanyak 500 guru dari sekolah terpilih akan mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam sesi pelatihan yang diprakarsai oleh guru dalam ThinkQuest Projects untuk membantu siswa/siswi mereka mendapatkan ketrampilan bisnis dan teknologi yang sangat penting . Kerjasama ini untuk mendukung program Disdikpora Prov. Bali untuk menawarkan pendidikan berkualitas dan meningkatkan kinerja siswa secara keseluruhan di Provinsi Bali.

Dalam kesempatan tersebut Kadisdikpora Bali , I Wayan Suasta,SH menyatakan bahwa kami bangga dapat bekerjasama dengan OEF menyediakan ThinkQuest Projects bagi siswa dan guru kami di Provinsi Bali , suatu platform pembelajaran online yang efektif yang akan membantu mempersiapkan siswa dan guru untuk berkarir di abad 21 dan mengembangkan tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dimasa depan dan program ini akan membuat anak – anak bisa mengakses berbagai informasi dibidang pendidikan baik antar sekolah secara nasional maupun tingkat internasional dan pendidikan itu sudah tidak terbatas lagi , sudah mengglobal dan mereka dapat pendidikan yang murah bisa diakses diberbagai tempat tidak hanya dari sekolah, bisa dari rumah dan dimanapun mereka berada dan yang terpenting ada perubahan mind set di tingkat guru dan ditularkan kepada siswa dan sistim pendidikan online ini yang dirancang oleh Oracle diharapkan dapat mengeleminir akses negatif , sementara itu Krishna Sistla , Senior Director , Oracle Education Initiatives , Asia Pacific dan Jepang mengatakan kerjasama OEF dengan Disdikpora Prov. Bali merupakan bukti dari komitmen kami untuk membangun ekonomi yang berpengetahuan di Provinsi Bali , dengan menyediakan akses ke ThinkQuest Projects bagi siswa , kami melengkapi mereka untuk memperluas wawasan dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan penting yang mereka butuhkan dalam hidup dan pekerjaan di abad 21. Pada kesempatan yang sama Uday Mathkar , Country Managing Director, PT Oracle Indonesia mengatakan ThinkQuest membawa kekuatan teknologi dan proyek pembelajaran ke dalam kelas .

Guru dan siswa mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan yang sesungguhnya dengan berpartisipasi didalam ThinkQuest Projects mendapatkan manfaat yang kompetitif untuk mempersiapkan mereka memasuki lapangan kerja global abad 21 . Hadir pada acara tersebut para Kepala Sekolah Kab/Kota se Bali dan para guru  dan  para murid yang telah mengakses program ini .  Terkait dengan Oracle Education Foundation sebagai organisasi nirlaba yang dikunjungi oleh jutaan orang dan pengembangan professional guru dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi http://www.oraclefoundation.org

Demikian yang dapat kami informasikan ( Pranata Humas Disdikpora Bali , Sunarta, Widia )

 

Informasi