Lomba Debat Bahasa SMA Tingkat Provinsi Bali Tahun 2017

Rabu, 19 April 2017


Lomba Debat Bahasa SMA merupakan ajang bagi peserta jenjang pendidikan menengah untuk mengembangkan kemampuan argumentasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarik.

Selasa (18/04), Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Pendidikan Provinsi Bali menyelenggarakan kegiatan Lomba Debat Bahasa SMA Tingkat Provinsi Bali Tahun 2017 dari tanggal 18 s.d 20 April 2017 bertempat di Hotel Batukaru Denpasar dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang siswa dari sekolah SMA se Provinsi Bali dengan rincian sebagai berikut:

  1. Debat bahasa Inggris (NSDC), 27 orang siswa diwakili oleh masing-masing kabupaten/kota 3 orang.
  2. Debat Bahasa Indonesia (LDBI) 27 orang diwakili oleh masing-masing kabupaten/kota 3 orang.

Lomba Debat Bahasa SMA memiliki tujuan umum yaitu:

  1. Memperluas wawasan peserta didik SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa indonesia yang efektif.
  2. Melatih peserta didik untuk menyampaikan pendapat dengan sistematis, dapat berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif, serta bersikap sportif.
  3. Membekali peserta didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui debat peserta didik.

Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan lomba ini yaitu:

  1. Membangun antusiasme dan keinginan yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.
  2. Membangun kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional
  3. Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerja sama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.

Pada kesempatan ini, Kabid Pembinaan SMK mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali membuka Lomba Debat Bahasa SMA Tingkat Provinsi Bali Tahun 2017 kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Pertemuan Teknis (Technical Meeting) mengenai pelaksanaan lomba dan tepat pukul 13.00 WITA lomba langsung dilaksanakan.

Tim Juri pada Lomba Debat Bahasa SMA Tingkat Provinsi Tahun 2017 adalah:

  1. I Nyoman Rajin Aryana, S.Pd., M.Hum
  2. I Made Rai Jaya Widanta, SS.M.Hum
  3. Dra. Putu Dyah Hudiananingsih, M.Hum
  4. I Ketut Surya Dharma Putra
  5. Yosepha Maruli Oka
  6. I Gede Putu Eka Putra Jayantara
  7. I Made Adhi Pratama
  8. Cintia Pontoh
  9. Ni Putu Krisnawati, SS.M.Hum
  10. Putu Merta Gunawan Putra
  11. I Gusti Ngurah Gede Agung Pradipta
  12. Ni Putu Virgin Kartika Sari
  13. Nola Aini Nur Handayani
  14. Ni Made Dyah Jayantari
  15. A. A. Intan Julia Anastasia
  16. A. A. A. Dewi Purnami, S.ST
  17. I Gusti Agung Paramitha Eka Putri. S.Pd. M.Pd
  18. Muliawati Moeliono

Pemenang juara I dari masing-masing lomba yaitu Debat Bahasa Inggris dan Debat Bahasa Indonesia, berhak mewakili Provinsi Bali ke tingkat Nasional, untuk mengikuti lomba sejenis yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 21 Mei 2017 di Jakarta.


Informasi