Koordinasi dan Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Provinsi Bali Tahun 2017

Selasa, 13 Juni 2017


Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan kualitas kompetensi lulusan peserta didik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Program Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Bali menyelenggarakan kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Provinsi Bali Tahun 2017 dari tanggal 10 s.d. 12 Juni 2017 bertempat di Hotel Central Park Kuta, Jalan Patih Jelantik Kuta, Badung. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari:

  1. Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sebanyak 9 orang
  2. Operator Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), sebanyak 3 orang
  3. Operator Dinas Pendidikan Provinsi Bali, sebanyak 6 orang

Tujuan dari kegiatan adalah:

  1. Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dalam peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik.
  3. Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
  4. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga sebagai penyandang profesi guru.
  5. Meningkatkan citra, harkat, dan martabat profesi guru di masyarakat.
  6. Menunjang pengembangan karir guru

Pada kesempatan ini, kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan (PK) mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali didampingi Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK. Hadir dalam acara pembukaan adalah Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali serta perwakilan dari UPT BPTEKDIK&TP Dinas Pendidikan Provinsi Bali, yang dilanjutkan dengan materi yang diisi oleh Kabid Pembinaan Ketenagaan dan Sekretaris Disdik Provinsi Bali.

Materi dalam kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Provinsi Bali Tahun 2017 adalah:

  1. Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Bali
  2. Rancangan Program Kegiatan Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tahun 2017
  3. Sistem Aplikasi Pendataan Pengelolaan SIMPKB
  4. Rencana Program dan Pengelolaan Kegiatan Bidang Pembinaan Ketenagaan Tahun 2017
  5. Kebijakan Program PKB

Dengan narasumber dalam kegiatan adalah:

  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali
  2. PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang
  3. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali
  4. Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdik Provinsi Bali
  5. Kepala Seksi Pembinaan Ketenagaan Disdik Provinsi Bali

Proses kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Provinsi Bali Tahun 2017 berjalan dengan baik dan disertai dengan diskusi mengenai aplikasi Sistem Informasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

Kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Provinsi Bali Tahun 2017 ditutup oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali.
 
 
 
 

Informasi